Laman

Minggu, 11 November 2012

KUIS PEMROGRAMAN LANJUT



KUIS

1. apakah yang dimaksud dengan interface dalam pemrograman berorientasi obyek?

interface adalah jenis khusus dari blok yang hanya berisi method signature (atau constant).  interface medefinisikan sebuah(signature) dari sebuah kumpulan metode tanpa tubuh. interface medefinisikan sebuah cara standar dan umum menetapkan sifat-sifat dari class-class. mereka menyediakan class-class, tanpa memperhatikan lokasinya dalam hirarki class, untuk mengimplementasikan sifat-sifat yang umum.


untuk memahami lebih mudah, interface adalah sekumpulan dari metode-metode yang dibuat tapi belum ada operasi didalam tubuh metode tersebut. interface ini bisa diturunkan atau diwariskan kepada class yang ingin memiliki metode yang ada dalam masing-masing interface tersebut dengan keyword.


ciri-ciri dari interface adalah sebagai berikut:



  • metode interface tidak punya tubuh, sebuah interface hanya dapat mengidentifikasikan konstanta dan interface tidak langsung mewariskan hubungan dengan class istimewa lainnya.mereka didefinisikan secara independent.
  • tidak bisa membuat instance atau obyek baru dari sebuah interface.
  • ciri umum lain adalah baik interface maupun class dapat mengidentifikasikan metode. bagaimanapun, sebuah interace tidak punya sebuah kode implementasi sedang class memiliki salah satunya.
2. apakah yang dimaksud dengan class dalam pemrogaman berorientasi obyek?

kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu. Sebagai contoh 'class of dog' adalah suatu unit yang terdiri atas definisi-definisi data dan fungsi-fungsi yang menunjuk pada berbagai macam perilaku. Sebuah class adalah dasar dari modularitas dan struktur dalam pemrogaman berorientasi object. Sebuah class secara tipikal sebaiknya dapat dikenali oleh seorang non-programmer sekalipun terkait dengan domain permasalahan yang ada, dan kode yang terdapat dalam sebuah class sebaiknya (relatif) bersifat mandiri dan independen (sebagaiman kode tersebut digunakan jika tidak menggunakan OOP ). Dengan modularitas, struktur dari sebuah program akan terkait dengan aspek-aspek dalam masalah yang akan diselesaikan melalui program tersebut. Cara seperti ini akan menyederhanakan pemetaan dari masalah ke sebuah program ataupun sebaliknya.

3. apakah yang dimaksud dengan object dalam pemrogaman berorientasi obyek?

objek membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah program komputer: objek merupakan dasar dari modularitas dan struktur dalam sebuah program komputer berorientasi objek.

4. berikan contoh interface, class dan object (dengan java) ?

Contoh Program

interface AlatMusik
{
void mainkan();
void setelNada();
String ambilNama();
}
class AlatMusikPetik implements AlatMusik
{
protected String nama;

public void mainkan() {
System.out.println(ambilNama() +"dimainkan dengan cara petik");
}
public void setelNada() {
System.out.println("setel nada pada" + ambilNama());
}
public String ambilNama() {
return nama;
}
}

class AlatMusikTiup implements AlatMusik
{
protected String nama;

public void mainkan() {
System.out.println(ambilNama() +"dimainkan dengan cara tiup");
}
public void setelNada() {
System.out.println("Setel nada pada" + ambilNama());
}
public String ambilNama() {
return nama;
}
}

class Gitar extends AlatMusikPetik {
Gitar(String nama) {
this.nama = nama;
}
}

class Seruling extends AlatMusikTiup {
Seruling(String nama) {
this.nama = nama;
}
}

class DemoInterface {
public static void main (String[] args) {
AlatMusikPetik gitar = new AlatMusikPetik();
AlatMusikTiup seruling = new AlatMusikTiup();

gitar.nama = "Gitar";
gitar.mainkan();
gitar.setelNada();

System.out.println();

seruling.nama = "Seruling";
seruling.mainkan();
seruling.setelNada();
}
}